Islami

Doa Saat Terjadi Gerhana dan Artinya

Doa Saat Terjadi Gerhana dan Artinya – Gerhana sendiri merupakan sebuah fenomena astronomi  yang mana dapat terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak...

Written by extremekanal · 1 min read >
Doa Saat Terjadi Gerhana dan Artinya

Doa Saat Terjadi Gerhana dan Artinya – Gerhana sendiri merupakan sebuah fenomena astronomi  yang mana dapat terjadi apabila sebuah benda angkasa bergerak kedalam bayangan sebuah benda angkasa yang lainnya.

Mesikupun sebuah fenomena astronomi , gerhana memiliki efek ke bumi. Yang mana kita seluruh makhluk yang ada pada bumi dapat melihat dan ikut merasakan efek yang terjadi saat gerhana.

Gerhana yang sering kita rasakan sendiri di bumi terdapat dua macam gerhana. Yaitu, gerhana matahari dan gerhana bulan.

Begitu juga menurut islam. Gerhana merupakan hilangnya sebagian cahaya atau keseluruhannya yang terjadi pada bulan dan matahari.

Matahari dan bulan merupakan sebagian kecil dari ciptaan Allah Swt yang selalu dapat kita lihat dan nikmati setiap harinya.

Matahari dan bulanpun sudah diatur peredaranya  secara teratur oleh pemilk alam semesta ini. Dapatkan berbagai macam buku Islami di Toko Buku Islam Online yang bisa kalian cek di https://wisatabuku.com.

Allah Swt Berfirman :

الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَا

Yang artinya :

Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.” (Ar-Rahman : 5).

Doa saat Terjadi Gerhana dan Artinya

Kita sebagai umat islam tentu sangat meyakini bahwa bulan dan matahari merupakan ciptannya.

Apa lagi dengan fenomena gerhana yang sering kita lihat. Bukankah itu salah satu dari kekuasaan allah yang tidak bisa di tiru oleh makhluk manapun.

Oleh karena itu, kita sebagai umat islam yang sangat percaya akan hal itu. Hendaknya banyak mengamalkan berbagai macam ibadah pada saat-saat gerhana tersebut terjadi.

Ada banyak sekali amalan yang dapat kita lakukan saat terjadinya gerhana bulan ataupun gerhana matahari. Tentunya yang paling utama kita mesti melaksanakan sholat sunah gerhana bulan.

Sholat ini bisanya dapat kita laksanakan secara berjamaah atau juga secara sendiri-sendiri.

Selain sholat sunah gerhana, ada juga doa yang dapat kamu panjatkan pada saat gerhana tersebut terjadi.

Berikut beberapa doa yang dapat kamu panjatkan saat gerhana :

Doa pertama :

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ يُخَوِّفُ بِهِمَا عِبَادَهُ وَإِنَّهُمَا لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ فَإِذَا رَأَيْتُمْ كُسُوفَ أَحَدِهِمَا فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ

Yang artinya adalah :

Sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda kekuasaan Allah, agar hamba takut kepadaNya. Terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukanlah karena kematian seseorang. Maka jika engkau melihatnya, maka salatlah dan berdoalah hingga gerhana itu tersingkap dari kalian.” (HR. An Nasa’i; shahih).

Seperti yang kita sebutkan tadi. Kita memang sudah sangat meyakini bahwa adanya matahari dan bulan merupakan salah satu dari banyaknya kekuasaan Allah Swt.

Salah satu cara untuk meyakini nya adalah dengan mengamalkan doa ini.

Doa kedua :

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله، الله أكبر

Yang artinya adalah :

 “Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Mahabesar“.

Sebagai salah satu bentuk meyaikini kekuasaan Allah. Kita dapat mengamalkan doa ini.

Doa ini tak hanya dapat kamu bacakan saat proses terjadinya gerhana bulan. Melainkan pada momen – momen lainya.

Seperti, melihat petir , ombak yang sangat besar. Selain itu kamu juga dapat mengamalkan doa tersebut pada waktu apapun.

Karena sejatinya kita memang harus selalu meyakini kebesaran sang pecipta alam semesta ini setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *